Sabtu, 24 September 2016

Berburu Timbangan Portable di Semarang

Hari ini, sabtu 24 September 2016 aku ada agenda untuk membeli timbangan portable untuk tools Bank sampah unit di tempatku mengabdi. Awalnya aku ragu apa bisa menemukannya karena hanya berbekal nama daerah yang ada toko timbangan dari atasanku. Daerah plampitan, pecinan begitu kata beliau dekat toko jangkrik (toko kain) Kranggan.  Bermodal itu dan sedikit tahu arah jalan menuju pasar Johar (dulu pernah nyasar disitu ;-p) akhirnya nekad berangkat sendirian. Tentu tak lupa mengaktifkan GPS. dan benar ternyata aku berulang kali harus berputar-putar mengelilingi tempat yang sama apalagi aku masih bingung harus bertanya pada siapa. setelah kelelahan mencari dan memusatkan kembali GPS di indom***t, aku melanjutkan perjalanan alias mengulanmg lagi ke daerah atau tempat aku berputar-putar lagi, pelan-pelan sambil tengok kanan kiri mencari tulisan "jual timbangan". Sampai kuputuskan nekad bertanya pada toko besi dan listrik apakah mereka jual timbangan. Dari beliaulah meski tidak mendapat timbangan karena stok habis, aku menemukan toko timbangan di dekat sana. Memang benar-benar isinya timbangan semua, kata ibunya malah kalau mau timbangan truk ibunya juga punya. Tapi aku hanya butuh 4 buah timbangan gantung portable, jadi diberilah aku pilihan mau gantungan plastik atau besi, kalau plastik harganya 110.000 sedang untuk yang besi seharga 200.000-an. Dan mengingat budget yang ada aku pun memilih yang plastik saja. Ternyata aku mendapat tawaran lain lagi, jika aku beli 6 buah maka harga per timbangan hanya Rp 80.000,00 saja. Jadi ya aku terima sih, hanya satu yang aku tidak suka adalah ditawarkan mau ditulis murni sesuai harga yang aku bayar atau ditulis sesuai harga yang sebenarnya pada nota, jadi aku bisa mengambil keuntungan tersebut untuk diri sendiri.  Aaah mungkin ini yang namanya ujian, godaan yang lumayan kalau misal aku memang niat mencari keuntungan sebagai pedagang. Dan begitulah perjalanan hari ini, ada beberapa hal yang harus dipelajari ya cantik :
1. Meski ada GPS ternyata bertanya pada orang disekitar lebih membantu, juga menambah kenalan. asal dilakukan dengan sopan dan baik. jika berkendara, maka bertanyalah saat kita sudah turun dari kendaraan dan mesin dimatikan terlebih dahulu (jika sendirian).
2. Tak perduli seberapa kuatnya godaan untuk menyimpang, tapi jika dihati masih ada rasa takut pada Allah, maka turutilah hatimu jangan nafsumu.
3. Carilah timbangan sesuai dengan kebutuhan, jangan cepat mengambil keputusan saat diberikan tawaran, tapi hitunglah dulu dengan cermat. 
4. Dengan pergi sendiri dan tidak menggantungkan pada orang lain, kita bisa mendapat banyak pelajaran berharga, meski ditemani akan jauuh lebih mengasyikkan. :-) . Tapi sendiri pun tidak kalah serunya... ya tergantung rezekinya saja bagaimana.. (apa sih...haha )

Sekian tulisan hari ini, bagi yang nanti kapan-kapan butuh aneka timbangan bisa mencari di toko timbangan dii daerah plampitan, kalau dari pasar johar berarti lewat jalan belakang pasar, ada 2 toko di kanan dan kiri sepanjang jalan sebelum pertigaan ke arah Toko Jangkrik Kranggan. Semoga tidak nyasar sepertiku ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar